JAKARTA– Penjualan smartphone brand lokal di Indonesia terus mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena kalah bersaing dengan vendor ternama/global yang juga ikut meramaikan pasar smartphone dengan harga murah.
Teguh Prasetya, Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum mengatakan, pelemahan penjualan itu merata di seluruh kota-kota besar, kisarannya 1-2 persen. Sementara untuk daerah di luar kota-kota tersebut masih stabil.
“Brand global lebih agresif, seperti Samsung, LG, dan Nokia yang juga ikut menyasar pasar smartphone murah,” kata Teguh Prasetya, kepadaOkezonemelalui percakapakan telefon, Rabu (2/7/2014).
Sedangkan untuk market share pada 2013, Teguh mengatakan ponsel berjenis ‘Symbian’ masih menempati posisi pertama dengan angka 26 persen. Kemudian disusul handphone China dan yang sejenis sekira 20 persen.
Di posisi ketiga adalah Android yakni 16 persen, lalu Windows Phone 13 persen. Sementara untuk BlackBerry dan iOS masing masing menempati angka 11 dan 6 persen.
(amr) http://m.okezone.com/read/2014/07/02/57/1007130/pasar-smartphone-brand-lokal-mulai-meredup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar